Wednesday, February 7, 2018

Tips Cara Membedakan ROM MIUI XIAOMI (Stable,Developer,Distributor)

Tags


Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis ROM yang ada di Gadget Xiaomi kalian yang dinamakan MIUI. Karena banyak dari kalian masih pemula atau bingung tentang ROM mana yang cocok untuk Gadget kesayangan kalian. Banyak curhatan netizen bagusan aman ROM Dev apa ROM Stabel atau ROM Cina?, menurut saya semua orang bebas berpendapat tentang perihal tersebut dan semua tergantung selera orang, tentunya selera orang berbeda-beda. Dasarnya MIUI ada ROM yang bisa kita Custom sesuka kita yang dikembangkan oleh Xiaomi Tech sendiri.
Saya sendiri baru-baru ini baru tahu tentang produk Xiaomi sendiri dan penasaran ingin mencoba, akhirnya saya terjun untuk mencoba Hp yang dikatakan murah tapi berkualitas itu. Mau ngga mau saya terpaksa harus membaca referensi tentang Xiaomi, karena hp Xiaomi saya adalah Redmi Note 3 Pro atau disebut Kenzo ini punya beberapa permasalahan,seperti 4G belum fix di Indonesia sendiri. Maka dari itu, mari kita ulas sama-sama :

           
            Setelah saya googling,terkait dengan ROM dari Xiaomi sendiri,ROM ini sangat berbeda dengan ROM hp-hp yang sebelumnya sudah beredar di Indonesia. ROM yang saat ini beredar di Indonesia adalah :
·         ROM Stable
·         ROM Developer
·         ROM Distributor
Dengan banyaknya macam-macam ROM,tentunya kalian masih bingung dengan perbedaanya. Maka dari itu saya membuat artikel ini untuk membantu kalian.

Perbedaan ROM MIUI di Xiaomi (Stable,Developer,Distributor) :

      1.      ROM Stable
ROM ini disebut juga ROM Officialnya Xiaomi. Pada umumnya ROM stabil dan selalu update tentang ROM yang terbaru dari Xiaomi. Update ROM bisa dilakukan langsung lewat updater/OTA (On The Air) bawaan Xiaomi sendiri.
ROM Stable ini masih dibagi menjadi 2 (Global dan Cina) :

      a.      ROM Global Stable
ROM yang dikhususkan untuk perangkat Xiaomi yang dipasarkan secara global ke seluruh dunia, ROM jenis ini biasanya didalamnya sudah tersedia pilihan bahasa dunia dan sudah tersedia aplikasi bawaan dari Google sendiri,jadi anda pengguna tidak usah repot-repot untuk menginstall lagi.
Ciri – Ciri ROM Global Stable :
  • Sudah tersedia Aplikasi bawaan Google seperti PlayStore.
  • Selalu Up to date
  • Sudah ada bahasa Indonesia.

      b.      ROM Cina Stable
ROM ini juga merupakan ROM resmi dari Xiaomi, sebenarnya Xiaomi ini menargetkan untuk hanya masyarakat Cina, tapi alhasil targetnya melenceng malah ke pasar Indonesia Hehe...
Ciri – Ciri ROM Cina Stable :
  • Tidak ada Aplikasi bawaan Google, jadi kita harus install sendiri.
  • Tidak tersedia bahasa Indonesia (Kerepotan nih kalo ngga paham selain bahasa Indonesia), jadi kita dipaksa untuk mengerti bahasa Inggris 😃
  • Masih Up to date

      2.      ROM Developer
ROM ini disebut ROM Developer karena ROM ini mengandung tulisan Beta di versinya dan tidak bisa hilang. ROM ini sebenarnya dikhususkan untuk perangkat Xiaomi yang digunakan untuk testing aplikasi-aplikasi terbaru dari Xiaomi, tidak heran ROM ini selalu mendapat update terbaru dari Xiaomi. ROM Developer ini masih dibagi menjadi 2 (Global dan Cina) :

      a.      ROM Developer Global
Ciri – Ciri ROM Developer Global :
  • Sudah tersedia Bahasa Indonesia
  • Sudah ada Playstore
  • Up to date
  • Lebih stabil karena sangking up to datenya bug yang ada selalu teratasi
  • Fitur tambahan yang tidak ada di ROM Global Stable

      b.      ROM Developer Cina
Ciri – Ciri ROM Developer Cina :
  • Up to date
  • Lebih stabil
  • Fitur tambahan
  • Tidak ada Bahasa Indonesia
  • Tidak ada Playstore
  • Pada MIUI muncul tulisan Beta
  • Punya Request Unlock Bootloader
  • Jaringan 4G aman terkendali

      3.      ROM Distributor
            ROM ini sering dikatakan ROM palsu/abal-abal karena awalnya ROM ini berasal dari ROM Stable dan Developer namun sudah mengalami modifikasi dari pihak distributor yang paling bahayanya ROM ini sudah termasuki virus Malware yang sering kita melihat iklan didalam ROM ini dan sering sudah ada aplikasi yang ngga berguna dan susah untuk dihilangkan.
            Karena ROM ini sudah mengalami berbagai modifikasi,mangkanya ROM ini jarang mendapatkan Update terbaru dari Xiaomi,selain itu ROM ini sangat berat untuk dijalankan karena aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi sering dipaksa untuk diinstal oleh modifikator sendiri yang mengakibatkan kurang stabil,boros dan mudah panas.

Tips untuk membedakan ROM Stable,Developer dan Distributor !!!

Ini dia cara untuk membedakan ROM versi MIUI yang bisa menjadi patokan anda :
  •  ROM Stable                : Terdiri dari 4 angka MIUI9 9.2.4.0
  • ROM Developer          : Terdiri dari 3 angka MIUI8 6.10.20

#Jika lebih dari itu dipastikan ROM yang anda pake adalah ROM Distributor !!!




Untuk mengetahui maksud Kode Huruf-Huruf pada ROM MIUI anda :
Huruf Pertama : Versi Android
M   : Marshmallow

Huruf Kedua dan Ketiga : ID Perangkat
HO : Redmi Note 3 Pro

Huruf Keempat dan Kelima : Tipe ROM
MI : Global

Huruf Keenam dan Ketujuh : Versi Miui
EK : V.9.2.X.X

Sekian Penjelasan saya tentang Tips Cara Membedakan ROM MIUI XIAOMI (Stable,Developer,Distributor) semoga bermanfaat untuk anda, jika ada pertanyaan tulis di kolom komentar. Terima Kasih


EmoticonEmoticon