Thursday, January 18, 2018

3 Tanda - Tanda dan Gejala Stress yang sangat Fatal bagi Kehidupan

Tags

Sebelum kita membaca artikel ini, sebaiknya kita harus tahu dulu, apa itu Stress?
Stress adalah merupakan kesatuan antara jiwa dan badan, roh dan tubuh, spiritual dan material. Gejala (symptom) stress bisa terdapat pada fisik, emosi, intelek dan interpersonal. Jadi,Stress sangat berpengaruh terhadap kehidupan ini, maka kita harus gejala-gejala kita mulai dikatakan Stress. Gejala bisa dibedakan menjadi 3 yaitu :

  •  Gejala Psikologis
      Gejala Psikologis adalah sebuah hubungan antara individu dengan lingkungan yang dinilai oleh individu tersebut sebagai hal yang membebani atau sangat melampaui kemampuan seseorang dan membahayakan kesejahteraannya. Biasanya individu tersebut mengalami kejiwaan misalnya : cemas, tegang, bingung, marah, sensitif, memendam perasaan, komunikasi tidak efektif, mengurung diri, depresi, merasa terasing dan mengasingkan diri, kebosanan, ketidakpuasan kerja, lelah mental, fungsi intelektual menurun, kehilangan daya konsentrasi, kehilangan spontanitas dan kreativitas, kehilangan semangat hidup, harga diri dan percaya diri menurun.
  • Gejala Fisik
      Gejala Fisik adalah sebuah efek dari stress yang mengakibatkan fisik individu tersebut menjadi drop karena tuntutan pekerjaan atau kesibukkan lainnya yang bisa mengakibatkan individu tersebut : detak jantung, tekanan darah meningkat, sekresi adrenalin dan non-adrenalin meningkat, gangguan lambung, mudah terluka, mudah lelah fisik, kematian, gangguan kardiovaskular, gangguan pernafasan, lebih sering berkeringat, gangguan pada kulit, pusing, migrain, kanker, ketegangan otot, problem tidur (sulit, terlalu banyak tidur)
  • Gejala Perilaku
Gejala Perilaku adalah sebuah sikap/tindakan dari individu tersebut terhadap lingkunga/dirinya sendiri. Tindakan yang dianggap memperburuk lingkungan/dirinya sendiri. Seperti : menunda, menghindari pekerjaan, prestasi & produktivitas menurun, mabuk, penggunaan minuman keras, narkoba, perilaku sabotase, frekuensi absensi meningkat, perilaku makan tidak normal, nafsu makan & berat badan turun drastic, perilaku beresiko tinggi meningkat (ngebut, judi), agresivitas dan kriminalitas meningkat, kualitas hubungan interpersonal menurun, kecenderungan bunuh diri.

Sekian artikel 3 Tanda - Tanda dan Gejala Stress yang sangat Fatal bagi Kehidupan, Semoga pengalaman dari saya bisa menjadi pembelajaran.


EmoticonEmoticon