Monday, September 18, 2017

Virtualisasi (Dual Boot) Sistem Operasi melalui VirtualBox

Tags


Apa itu Virtualbox ?

Virtualbox adalah software virtualisasi untuk menginstall sebuah OS “Operating System”,Nah jadi buat kalian yang mau coba buat latihan mengingstall OS, tidak usah repot-repot harus menginstall ulang PC/Laptop,kalian cuma perlu software Virtualbox ini untuk coba-coba atau belajar menginstall sebuah Operating System.

Fungsi dari Virtualbox :

1. Mencoba operating system yang berbeda dengan operating system utama.Virtualbox dapat memainkan semua sistem operasi baik itu menggunakan windows, linux atau turunan Linux lainnya. Virtualbox juga dapat dipergunakan untuk mengujicoba OS baru.
2. Mencoba operating system yang baru rilis atau masih dalam tahap uji
3. Mencoba untuk membuat sebuah simulasi jaringan.Di dalam Virtualbox sobat dapat membuat banyak mesin virtual dan memainkannya sekaligus. hebatnya kita dapat menggabungkan semua mesin yang aktif tadi dalam satu jaringan. Seolah olah sobat punya banyak komputer yang terkoneksi
4. Mungkin juga untuk mencoba simulasi menguji sebuah security, entah itu OS ataupun website
5. Sebagai komputer yang fleksibel dan dapat kita pindah-pindah sesuka hati kita.Misalnya kita dapat membuat sebuah server antivirus dan server absensi sekaligus untuk keperluan kantor dalam bentuk virtual di satu komputer. Nah server antivirus dan absensi tadi dapat kita pindah ke komputer lain dengan memindahkan mesin virtual kita ke komputer lain jika sewaktu waktu komputer utamanya rusak. biasanya format file virtualbox berekstensi .VDI . maka tinggal copas vdi nya saja ke komputer lain.

Manfaat Menggunakan Virtualbox :

1. Dapat bermanfaat bagi pemula untuk belajar menginstall operating system, tanpa perlu mengubah atau mengcopykan data data yang ada di harddisk kalian.
2. Dapat menginstall beberapa operating system
3. Hemat uang, dalam arti tidak perlu membeli hardware-hardware atau computer baru untuk memakai banyak operating system

NB : Tampilan VirtualBox
Sekian artikel tentang Virtualisasi (Dual Boot) Sistem Operasi melalui VirtualBox,Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon